Membuat Pupuk Cair Bio Urine Kambing

Beternak kambing dan domba merupakan satu dari sekian banyak usaha yang ada di dalam dunia peternakan. Banyak potensi, peluang serta keberhasilan yang bisa diraih apabila ditekuni dan dijalankan dengan penuh  motivasi dan konsistensi. Peluang pasarpun masih sangat terbuka lebar baik untuk Susu Kambing, Daging Kambing-Domba, Kebutuhan Aqiqah, Iedul Adha ataupun Pupuk  Organik



Banyak contoh telah ditunjukkan oleh teman-teman peternak senior yang melakukan konsep beternak terintegrasi dengan perkebunan organik yang sudah berhasil. Menarik  namun membutuhkan kerja keras, dipandang dari sudut manapun hal ini sangat menguntungkan, selain menggali dan memanfaatkan secara optimal potensi dari ternak itu sendiri, diperoleh juga hasil dari tanaman yang memanfaatkan limbah yang dihasilkan dari kandang ternak (urine dan srintil) sebagai sumber pupuk. Manfaat lainnya adalah turut menjaga keseimbangan alam dengan melakukan penghijauan. Namun demikian investasinya pun tidak sedikit, tapi dengan niat dan ketekunan saya yakin bisa dimulai dari modal yang kecil untuk menjadi besar..

 Setelah melalui proses pengolahan, maka limbah tersebut bisa dikemas menjadi pupuk organik, yang memiliki keunggulan ganda selain bermanfaat bagi tumbuhan juga dapat memperbaiki unsur hara pada tanah yang tidak dimilki oleh pupuk kimia, sehingga kesuburan tanah bisa dijaga. Lebih lanjut melihat kondisi yang ada pada saat ini dimana melambungnya harga pupuk un-organic atau pupuk kimia pabrikan, maka limbah kandang merupakan satu peluang usaha tambahan yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.
Bahan yang diperlukan untuk membuat fermentasi pupuk cair bio urine  adalah sebagai berikut :
  1. 1 (Satu) drum plastic urine dengan kapasitas 150 liter.
  2. Tetes Tebu/Molasses 750 ml.
  3. Empon-empon (Temulawak, Temuireng, Kunyit dll) 5kg.
  4. Bacteri R Bacillus dan Azobacter sebagai starter fermenter 250 ml. Karena kesulitan serta tidak tahu belinya dimana bakteri tersebut,  maka saya menggantinya dengan EM4 sebagai starter fermenter.

Bakteri EM4 dan Molases dilarutkan dalam air jernih sebanyak 10 liter kemudian dituangkan ke dalam drum urine, empon-empon dihancurkan dan dimasukan ke dalam drum. Setelah tercampur antara urine dan bahan-bahan tersebut kemudian urine diaduk sampai rata selama 15 menit, kemudian drum plastic ditutup rapat. Lakukan pengadukan setiap hari selama 15 menit  dan kemudian drum ditutup rapat kembali selama tujuh hari.
Setelah tujuh hari urine dipompa dengan menggunakan pompa yang biasa digunakan pada aquarium dan dilewatkan melalui talang plastik dengan panjang 2m yang dibuat seperti tangga selama 3 jam, tujuan proses ini untuk penipisan atau menguapkan kandungan gas ammonia, agar tidak berbahaya bagi tanaman yang akan dberi pupuk bio urine tersebut. Kemudian pupuk cair ini siap digunakan.
Untuk aplikasi pupuk cair ini bisa digunakan dengan cara disiramkan dan atau disemprotkan, kondisi tanah sebelum tanam diolah terlebih dahulu dengan menggunakan kotoran kambing.
 Berikut cara pemakaian bio urine:
  1. Untuk tanaman semusim dan rumput campur bio urine + air dengan perbandingan 1 : 2. 
  2. King Grass : Pemakaian dengan disiramkan setiap setelah rumput diarit.
  3. Jagung, Ubi, Singkong, Cabe dll : Pemakaian dengan disiramkan dan disemprotkan 2 minggu sekali.
  4. Untuk tanaman industri dengan asumsi tanamannya baru ditanam dengan ketinggian rata-rata 80 cm, campur bio urine + air dengan perbandingan 1:1.
  5. Sengon(Albasia), Turi, Mahoni, Nangka, Ketapang dll : Pemakaian dengan cara disiram dan disemprotkan 2 minggu sekali.
Mohon masukannya  dari para senior apabila ada metoda yang lebih baik dalam pengolahan bio urine tersebut.

sumber:  https://goo.gl/eQKxX8

Cash fiesta tidak bohong

Free money making opportunity

Tidak ada yang salah dengan judul diatas, meskipun akhirnya saya juga memutuskan untuk keluar dari keanggotaan cashfiesta, setelah dua bulan lamanya menjalankan fiestabar dan berharap mendapat kiriman cek. Selama ini saya sudah sering membaca tentang cashfiesta di internet,ada yang bilang cashfiesta scam ada yang bilang bukan scam bahkan ada juga yang mengatakan pernah dapat kiriman cek dari cashfiesta. Hari ini mestinya saya sudah bisa mengajukan permintaan pembayaran, karena poin cashfiesta yang saya kumpulkan dua bulan yang lalu sudah melebihi batas minimal (ini menurut saya). Tapi ternyata, jangankan menemukan tombol request payment untuk meminta pembayaran, poin bulan maret saya yang sudah mencapai hampir 60000 hilang dari halaman statistic tinggal lagi keterangan jumlah belum dibayar sebesar $ 0.59. Selama ini saya mengikuti program cashfiesta hanya mengandalkan informasi yang sifatnya umum yang ada di menu situs cashfiesta seperti info center dan lainnya. Sehingga saya beranggapan bahwa hanya dengan menjalankan fiestabar saya akan memperoleh $1 setiap 1000 poin. Tadi saya coba teliti semua data yang ada di halaman statistik, di bagian paling bawah tertera keterangan besaran individual payrate yang menjelaskan bahwa tidak selalu 1000 poin setara dengan nilai $1,tegantung registrasi special offer kita. Besaran payratenya antara $ 0.010 sampai $ 1.666 untuk tiap 1000 poin yang terkumpul.Pantas saja poin saya yang sudah berjumlah hampir 60000 cuma dihargai $ 0.59. Semoga tulisan ini bermanfaat,terutama bagi kawan-kawan yang masih mencari-cari informasi tentang cashfiesta.

https://goo.gl/qL4Nwy



Berburu coin di Action Coin

Mencoba peruntungan untuk tahun 2018, mari bergabung siapa tahu jadi rezeki di tahun ini 




Action Coin

resep masakan



BISTIK
Bahan :
Sapi khas                             500 gram
Kecap asin secukupnya
Bawang bombay               ½ buah ( cincang )
Kecap bangau                    1 sendok
Kecap manis                       3 sendok
Saos tiram                           1 sendok teh
Blue band                            2 sendok makan

Bahan halus :
Bawang merah                  4 siung
Bawang putih                     4 siung
Lada                                       ½ sendok teh
Pala secukupnya

Cara Memasak :
1.  Cuci bersih daging kemudian rebus daging hingga empuk
2.  Setelah empuk iriskan daging dan sisihkan kaldu airnya
3.  Potong daging sesuai selera



SOTO TULANG DAGING

Bahan   :
Tulang Daging                    1 kg

Bahan bumbu :
Bawang merah                  7 siung 
Bawang putih                     10 siung
Merica                                  ½ sendok teh
Ketumbar                            1 sendok makan
Jahe                                       2 ruas jari
Kunyit secukupnya
Sere                                       2 potong ( dipukul )
Lengkuas                             2 ruas jari
Kapulaga                              5 buah
Kayu manis                         sepanjang 1 jari
Daun seledri/bawang  secukupnya
Daun jeruk                          3 lembar
Daun salam                         3 lembar
Santan                                  2 kelapa
Garam secukupnya
Cara Membuat :
Rebus tulang sampai empuk.Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum lalu masukan bumbu tersebut ke dalam rebusan tulang yang telah di rebus tadi sampai mendidih.lalu taburi bawang goreng dan daun seledri/ bawang.
AYAM PEYET
Bahan :
Ayam potong                     1 ekor ( 10 potongan)
Timun
Daun Kol

Bumbu ungkep :
Bawang putih                     1 potong
Jahe                                       2 ruas jari
Kunyit  secukupnya
Kemiri                                   5 buah
Daun salam                         3 Lembar

Sambel terasi ayam penyet :
Cabe rawet                         1 ons
Cabe merah                        2 ons
Tomat                                   3 buah
Bawang merah                  10 siung
Terasi secukupnya
Gula merah secukupnya
Jeruk nipis                           2 buah

Cara memasaknya :
Ayam dibersihkan lalu taburi garam dan bumbu ungkep yang telah di halus kan , setelah ayam masak lalu goreng ayam tersebut setelah itu ayamnya di penyet kan menurut selera.
Gorekan semua bumbu yang telah di sediakan untuk membuat sambel terasi penyet.Siap disajikan

Puding Jagung
Bahan :
Agar – agar                         4 buah
Santan                                  2 buah kelapa
Gula                                       2 gelas duralek
Garam secukupnya
Susu                                      2 sachet
Jagung                                  2 ponggol
Maizena                               4 sendok makan

Cara memasak :
Jagung dihaluskan lalu disaring .
Campurkan semua bahan dipanci,masak dengan api kecil sampai mendidih, tuangkan dalam cetakan, tunggu hingga dingin.

PUDING ZEBRA
Bahan 
Agar- agar                           4 bungkus
Coklat   batang secukupnya
Telur                                      4 butir
Margarin                              100 gram dilelehkan
Air                                          12 gelas duralex
Maizena                               4 sendok makan dilarutkan
Susu                                       4 Sachet
Gula                                       2 Gelas duralex
Santan                                  1 kelapa


Cara memasak :
Siapkan panci sedang lalu masukan air, susu serta agar –agar lalu rebus campuran tersebut dengan apai kecil sambil diaduk aduk berlahan biarkn sampai mendidh lalu angkat.
Siapkan badah kecil lalu masukan telur serta vanili kocoklah sampai merata dan mengembang jika sudah mengembang lalu masukan margarin yang sudah di lelehkan dan juga masukan maizena ke dalam adonan campuran tersebut secara berlahan lalu di aduk sampai merata.
Jika sudah merata tuangkan campuran agar-agar yang sudah di masak tadi kedalam campuran adonan telur tadi sambil tetap ngocok sampai merata.
Setelah adoanan semua tercampur bagi adoanan menjadi dua, yang satu di campur dengan coklat yang sudah dilelehkan dan yang satunya lagi memakai santan.
Setelah itu tuangkan adonan yang memakai santan dalam loyang dan masukan yang coklat tapi usahakan lebih sedikit daripada yang santan.lakukanlah secara terus menerus sampai habis adonannya.setelah itu dinginkan puding tersebut.




PUDING LUMUT KELAPA MUDA
Bahan :
Agar-agar                                            3 buah
-          Untuk lumut       2 bungkus
-          Untuk kelapa      1 bungkus
Selasih                                                  1 sendok makan
Kelapa muda                                      1 buah
Gula pasir
-          Untuk kelapa                     1 /2 gelas
-          Untuk lumut                       1 gelas
Air kelapa dari 1 butir kelapa
Daun pandan secukupnya
Air                                                          2 gelas
Telur                                                      1 buah
Santan                                                  1 gelas

Cara memasak :
1. Masukkan agar-agar, gula, air kelapa, aduk sampai rata tunggu hingga mendidik lalu matikan.masuakkan kelapa biji selasih aduk sampai rata.tuang puding kelapa lalu dinginkan sampai mengeras.
2. Masukan agar- agar, gula,air, telur,santan, dan sari pandan sambil diaduk masak sampai mendidih lalu matikan.masukkan dalam loyang lalu dinginkan hingga mengeras
Satukan hasil puding 1 dan 2 kedalam satu loyang lalu siramkan puding yang 2 hingga penuh.













































MENJELANG PENGUMUMAN

MENJELANG PENGUMUMAN
Ya Allah, terima kasih atas pagi ini. Aku mohon Engkau menjauhkan segala petaka yg mungkin akan menimpaku, keluargaku, sahabatku, temanku, kawanku serta musuh2ku.
MENJELANG PENGUMUMAN
Ya Allah, terima kasih atas pagi ini, Engkau telah menganugerahkan harta dalam bentuk persaudaraan/silaturrahim, dari tidak saling kenal sekarang menjadi kawan, teman, sahabat bahkan ada yang menjadi lawan dalam kehidupanku.
MENJELANG PENGUMUMAN
Ya Allah, terima kasih atas pagi ini, Engkau telah memberikan aku kesempatan untukku membantu saudara2ku, menurut kemampuanku.
MENJELANG PENGUMUMAN
Ya Allah, terima kasih atas pagi ini, Apapun yg terjadi berilah kami kekuatan, jangan kami saling menyalahkan. Berserah diri sepenuhnya pada MU, dan buatlah kami yakin, ENGKAU telah merencanakan yg terbaik.
MENJELANG PENGUMUMAN
Ya Allah, terima kasih atas pagi ini , sedikit kata dari saya yang lebih tua:
1.    Kehidupan dan kebahagiaan adalah tanggung-jawab pribadi kita. Jangan salahkan orang lain.
2.    Kehidupan ini sama sulitnya bagi semua orang, tapi tidak semua orang ikhlas berupaya untuk menjadikannya tidak terasa sulit lagi.
3.    Lebih baik menutup mulut dalam doa dan kesibukan untuk keluar dari kesulitan, daripada sibuk berceloteh menyalahkan orang lain yang dulunya juga hidup dalam kesulitan.
4.    Hiduplah sepenuhnya ikhlas di dalam tanggung-jawab pribadi bagi kebaikan hidup Anda.
5.    Jangan pernah membuat teman2 mu sebagai Raket Bak Pisang untuk suksesmu, menjadi sahabatmu sebagai tissue kesedihanmu. Sekali kamu gunakan setelah itu menjadi sampah kehidupanmu.
6.    Semua orang pasti melakukan salah, harus cukup dewasa untuk memaafkan, tapi anda bisa menilai, apakah anda sedang bersama teman, atau bersama “srigala” dari cara dia memperlakukan anda.
Jika masih dipercaya akibat kesalahan2mu maka dia SESEORANG, tapi jika sebaliknya, maka *“srigala”*lah dia untuk pergaulanmu.
7.    Dalam hidup, jangan terlalu berharap, karena untuk setiap 'Hello' akan selalu berakhir dengan sebuah 'Goodbye'

MENJELANG PENGUMUMAN
IKHLAS MEMBERI TANPA MAU DIBELI
IKHLAS WALAU TAK ADA YANG PEDULI
Ya Allah, terima kasih atas pagi ini

7 Nasehat 'Gila' Bob Sadino untuk Anak Muda

Pengusaha kondang Bob Sadino pada akhirnya meninggalkan kita semua dengan penuh kenangan serta motifasi-motifasinya yang di luar pemikiran intelektual. Kita nggak mungkin lupa dengan celotehannya yang ceplas ceplos saat menghadiri acara seminar.

Alm. Om Bob juga bukan tipikan orang yang teks book, berbicara berjam-jam dihadapan parea dosen, rektorat, serta para sarjana S2 dengan santai dan hanay mengenakan kemeja putih lusuh dan bercelana pendek jeans belel.

Namun begitu, bukan Om Bob namanya kalau tak menyisakan pesan dan wejangan kepada setiap orang yang berbicara padanya. Sangat teramat sering ternyata Om Bob menulis nasihat secara tersirat kepada lawan bicaranya.

Nah , mungkin ini beberapa pesan yang dianggap gak masuk akal alias 'gila' oleh sebagian kalangan, namun kalo dipikir-pikir, ada benarnya Om Bob berbicara ini.

Dirangkum oleh Rendy Yulianto via merdeka.com, inilah 7 pesan Bob Sadino untuk generasi muda...
 
1. "Jika ingin bahagia (Sukses) jangan jadi karyawan".

Di salah satu seminar beliau pernah menyatakan statement yang membuat gemuruh peserta adalah, bahwa 'jika ingin bahagia (sukses), jangan jadi karyawan'. Padahal peserta dari seminar itu adalah sebagian besar adalah karyawan, bayangkan!

Statement beliau ini menurut saya, tidak salah. Namun juga tidak sepenuhnya benar. Kebahagian dan kesuksesan itu tidak semata-mata diukur dari banyaknya materi, dan apa profesi seseorang. Lalu apakah hidup sebagai karyawan itu tidak bahagia? Tidak juga. Banyak karyawan yang bahagia dengan segala kondisinya. Tentu parameter kebahagian berbeda, beda setiap orang.

Apakah statement ini salah? Tidak juga. Memang peluang mencapai kebahagian dengan keberlimpahan materi akan lebih terasa jika kita menggapainya melalui bisnis, melalui dagang dan sukses. Tetapi tidak sedikit juga pengusaha yang terlilit hutang dan akhirnya sengsara. Sekali lagi pilihan sukses dan bahagia itu bergantung yang menjalani. Tentu dengan konsekuensi masing-masing memang dengan berbisnis, peluang seseorang untuk mencapai puncak kebahagian jauh lebih terbuka.

 
2. "Kuliah itu bikin goblok, siapa yang hadir di seminar ini, besok jangan masuk kuliah"

Di seminar yang lain, beliau secara terang-terangan menyampaikan kalau kuliah itu kegiatan "goblok", dan menyuruh besok jangan masuk kuliah. Sangat frontal memang, menyampaikan statement seperti itu didepan ratusan mahasiswa dan akademisi.

Tentu saja banyak audience yang kemudian heboh dengan sendirinya, maklum sebagian peserta seminar itu adalah mahasiswa muda yang polos, lugu, dan baru semangatnya mencari jatidiri di kampus tercinta. Mendengar statement itu tentu batinnya berontak.

Namun kalau kita mau berpikir mendalam, apa yang disampaikan om Bob ini sebenarnya sangat masuk akal. Namun bagi sebagian orang ini justru menyesatkan, apalagi bagi MABA (mahasiswa Baru).

Maksud saya, jika Anda ingin mencapai karir bisnis Anda dengan otodidak dan belajar berjualan sablon printing, misalnya (seperti yang banyak dilakukan MABA saat membuat bisnis plan) terus apa gunanya kuliah, kalau yang dipelajari adalah science. Maka apa istilah yang tepat kalau bukan "goblok (versi Bob Sadino). Contoh lagi: bisnis di bidang hiburan padahal kuliahnya Psikologi, bisnis di bidang desain padahal kuliahnya di MIPA, bisnis makanan padahal kuliahnya di Teknik.
Bagaimana enggak goblok? apa yang susah-susah di pelajari, tidak dipakai dalam bisnis. Lalu bagaimana seharusnya? Anda seharusnya bisa menjawabnya.

3. "IPK di atas 3 koma alamat calon karyawan"

Ini ada salah satu fakta yang menarik. Kata Om Bob kalau kuliah kok IPK-nya diatas 3, itu tandanya calon karyawan. Hmm, sangat masuk akal, karena kecenderungan orang yang memiliki IPK bagus apalagi di fakultas favorit, tentu memiliki idealisme tinggi untuk mengaplikasikan ilmunya. Tidak lain adalah melamar kerja, di perusahaan dan menjadi karyawan.

Itulah mengapa justru Bob Sadino mengajarkan, kalau mau sukses bisnis IPK harus jeblok. Tidak salah sih. karena dengan demikian tidak memiliki pilihan lain selain berwirausaha, karena kalaupun mau melamar kerja juga tidak ada yang menerima karena IPK-nya dibawah standar, justru dengan demikian akan "terpaksa" memilih jalan entrepreneur. Lalu apa jadinya kalau IPK diatas 3, kemudian memilih berbisnis? Ada, tapi sangat sedikit.

Sekali lagi Life is a Choice, secara logika harusnya yang IPKnya diatas 3 ini jika diaplikasikan dalam bisnis harusnya lebih bagus lagi hasilnya, bukankah begitu?

4. "Kuliah itu hanya memasukkan "sampah" ke kepala Anda"

Salah satu saran "sinting" lainnya adalah "Kuliah itu memasukkan sampah ke kepala Anda". Bagi setiap orang yang masih kuliah mendengar statement ini pasti protes, tidak terkecuali peserta seminar yang notabene masih kuliah.

Mereka merasa apa yang dilakukan setiap hari berarti memasukkan sampah ke kepala mereka? Apakah ini salah? Tidak juga, karena memang apa yang dipelajari itu tidak dipakai di kemudian hari, jika kita bercita-cita menjadi bisnisman sukses seperti om Bob.

Apa sebabnya? Bob Sadino meniti karir bisnisnya dari nol dan mempelajarinya dari lapangan, dari pengalaman dan dari percobaannya sendiri. Makanya saat mempelajari sesuatu di bangku kuliah sementara apa yang dipelajari itu tidak dipakai maka apa yang dipelajari itu menjadi sampah bagi otak kita.

Satu statement yang menguatkan ini adalah bahwa dia berpesan, "Jadilah manusia pembelajar". Jangan hanya dari bangku kuliah, tapi pelajarilah dari kuliah kehidupan yang Anda jalani.

5. "Kalau ingin kaya, bisnis sayuran"

Haha.. secara, awalnya beliau adalah pengusaha sayuran pantas saja usaha yang direkomendasikan adalah bisnis sayuran. Mengapa ini saya sebut "sinting"?
Tidak lain karena ini adalah tipikal orang yang konsisten dengan apa yang diucapkan. Dia mengajarkan apa yang dia lakukan, menunjukkan apa yang sudah dilalui - jadi tidak asal bunyi saja. Cerdas bukan?
 
6. "Pebisnis itu harus nyentrik"

Apakah pebisnis harus nyentrik? Hmm bisa iya, bisa juga tidak, kalau tipikalnya om Bob Sadino, senyentrik itu pun tentu orang akan menaruh rasa hormat ke beliau, maklum, selain pengusaha, dia juga menjadi mentor banyak orang, dan menghasilkan pengusaha yang berbobot juga dibawah angkatannya om Bob.
Wajar bila senyentrik apapun penampilannya oran akan segan dengan beliau. Nah kalo kita-kita, itu kembali ke kita saja, ingin nyentrik silahkan, tidak juga tidak menjadi masalah

7. "Bisnis itu hanya modal dengkul. bahkan jika Anda tidak punya dengkul, pinjam dengkul orang lain

Banyak peserta di sesi tanya jawab mengeluhkan tentang keterbatasan modal yang dimiliki, lalu apa kata om Bob tentang ini?

Dia berujar, "Mau gak kira-kira kalau dengkulnya dibeli 500 juta? Tidak mau kan, berarti Anda punya modal 1 milyar dengan 2 dengkul Anda!" Paham?
Begitulah karakter om Bob yang nyentrik, "sinting" bagi sebagian orang yang hanya menangkap apa yang diucapkan tapi bukan apa yang ingin disampaikan, beruntunglah orang yang di"sinting"kan beliau ke jalan kebaikan kemudian menjadi entrepreneur dan sukses.

Jika gagal, maka wajib menghabiskan kegagalan itu hingga hanya berhasil yang bersisa. Ada satu ucapan yang menarik yang patut Anda catat. Inilah mengapa saya menulis tulisan ini dan membaginya untuk Anda. Ketika itu saya mengikuti seminarnya, kemudian dalam sesi tanya jawab saya iseng-iseng bertanya sekaligus juga ingin menjebak om Bob.

Pertanyaan saya seperti ini "Bisnis apakah yang prospektif om Bob?"
Sebelum menjawab dia menanyakan kepada saya, "Kamu sendiri sudah punya bisnis?" saya sahut "Belum, makanya saya ingin tanya kepada om Bob?"
Sambil tertawa beliau menjawab "Bisnis yang prospektif adalah bisnis yang "dijalankan" bukan ditanyakan terus!"

Satu lagi kalo kata om bob,  kita hanya diwajibkan untuk menuntut ilmu karna ilmu adalah cahaya  untuk menerangi hidup kita yang cuma sekali ini

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/54bf39fd9e7404f4198b456c/7-nasehat-gila-bob-sadino-untuk-anak-muda

Hanya Sebuah Pencerahan Untuk Yang Kuliah - Kerja

Kuliah..? Apa keuntungan dan kerugiannya..?
(koq ada kerugian sih)..?
 
Nah, sekadar sharing saja, selama ini jumlah pengangguran makin meningkat.. Mengapa kita sebagai blogger tidak membuka lapangan pekerjaan sendiri layaknya bisnis online.?
Walaupun butuh modal, tapi saya yakin pasti balik modal koq.
 
Nah, tunggu apa lagi, mau cari pekerjaan atau membuat lapangan pekerjaan sendiri..?? Itu pilihan..
Sekedar informasi saja, saat ini sudah ada jutaan pengangguran yang menanti pekerjaan tersebut.
Untuk hidup aja sulit, koq kaya gini ya perkembangan Indonesia sekarang.

"Perasaan dulu ada lagu deh, bukan lautan hanya kolam susu, ikan dan kayu pun cukup menghidupimu..."

Nah, kenapa sekarang serba sulit..? Malah di kuliah sudah ada inovasi entrepreneurship.. Nah, loh, apakah masuk universitas, cape2 submit tugas kuliah hanya untuk wirausaha..? Kalo begitu, mending simpan modal buat bikin usaha sendiri aja boz..
Nah, akhir kata, selamat mencari pekerjaan atau membuat lapangan usaha sendiri..
Good luck...!!

Popular Posts

Follow us on Facebook

Follow us

Text Widget

Text Widget 2